Disini kita membicarakan peran mahasiswa dalam pemangunan bangsa. Didalam perjalanan seseorang manusia pasti memiliki perjalanan yang panjang, tidak lantas seseorang terlahir langsung besar mulai dari melihat kedunia ini sampai ia bisa menjadi manusia yang bisa memanusiakan manusia itu. Begitu panjang proses tumbuh kembangnya seorang manusia. Mulai dari balita kemudian tumbuh menjadi anak anak,lalu berkembang menjadi remaja dan dewasa saat sekarang ini.

Banyak peran yang terjadi didunia ini, peran sebagai Ibu, Ayah, Anak dan masih banyak lagi. Mereka mempunyai tugasnya masing-masing didalam peran tersebut. Ayah bertugas mencari nafkah, Ibu bertugas dirumah menjadi Ibu Rumah Tangga, dan Anak menuntut ilmu disekolah dan dikampus. Tetapi bukan hal ini yang akan kita bahas.

Tulang punggung Negara ini ada pada semua pemuda-pemuda atau pemudi-pemudi di Negara tercinta Indonesia ini, khususnya Mahasiswa yang notabennya dapat dipercaya dan intelektual dan lebih baik dibandingkan dengan pemuda pemudi lainnya. Karenanya mahasiswa dibutuhkan untuk bangsa ini didalam perkembangannya kedepan. Peran Mahasiswa sangat besar untuk bangsa ini.

Kita semua ingat saat kita dijajah berabad-abad oleh penjajah dan pada 17 Agustus 1945 kita merdeka dan mempelopori kemerdekaan itu ialah Ir. Soekarno dan Muhammad Hatta serta membacakan Proklamasi Kemerdekaan untuk Negara Indonesia ini.

Mahasiswa disini sebagai tulang punggung bangsa dan juga sebagai ujung tombak Negara kita ini. Banyak pemuda dinegara ini, tapi yang beruntung bisa kuliah sebagai mahasiswa dan yang tidak kuliah biasanya langsung bekerja setelah lulus dari sekolah. Banyak mimpi yang ingin dihasilkan untuk bangsa ini dalam pundak mahasiswa ini.

Lihat bangsa kita sekarang ini, masih carut marut dimana mana. Didalam bangsa sendiri aja kita tidak akur sesama masyarakat bangsa Indonesia. Bangsa ini butuh pioneer dan itu ada didalam hati mahasiswa. Seperti kita ketahui didalam ilmu hukum dan politik banyak pejabat tinggi Negara yang korupsi. Nah disini peran mahasiswa untuk menjadi penerus sekaligus pengurus Negara ini agar tidak terjamah oleh tangan tangan usil atau juga tikus tikus kantor yang ingin membahagiakan dirinya sendiri melalui jalan yang tidak benar yaitu korupsi.

Mahasiswa harus bisa merubah image pejabat-pejabat tinggi Negara yang carut marut pada kasus korupsi bahkan merugikan Negara yang tidak sedikit. Masih banyak penduduk dinegara ini yang susah makan miskin dan kelaparan. Tidak ada habisnya untuk mengulas kejadian-kejadian buruk an kelam dinegara ini. Contoh semisal kasus Muhammad Nazarudin, sekarang tidak terdengar lagi kabar dan beritanya. Dan masih banyak kasus kasus yang begitu saja terlewati. Hukum dinegara kita berlaku untuk yang tidak memiliki uang (miskin) lantas bagaimana jika ia memiliki uang yang banyak? Ia tidak akan kena hukum (mungkin dipenjara, tapi seentar juga keluar).

Diharapkan mahasiswa mempunyai pemikiran-pemikiran baru dan tidak basi untuk Negara ini bahkan untuk pembangunan nasional bangsa ini. Mahasiswa sekarang ini terkrnal kritis, aktif dan menyatakan yang benar tetaplah benar dan yang salah tetaplah salah tidak dibenar-benarkan. Didalam kasusnya mahasiswa mempunyai cita cita dan angan angan untuk pribadinya sendiri tapi jangan melewatkan begitu saja kesempatan yang ia lalui untuk bangsa dan Negara ini. Mereka harus berperan aktif juga untuk kemajuan Bangsa dan Negara ini.

Sama halnya seperti jam terbang / caps pada pemain bola. Pemain bola yang muda namun potensial harus sering dimainkan agar nemambah pengalaman ketika bertanding Nah begitupun juga pada Mahasiswa-mahasiswa muda dibangsa ini, harus selalu diasah kemampuannya dan bisa menciptakan penemuan-penemuan terbaru didalam bidangnya. Beri kesempatan yang muda yang berbicara sekarang untuk Regenerasi juga kan untuk para pemuda dan pemudi bangsa ini.

Sumber: http://www.kompasiana.com/haryagunggg/peran-mahasiswa-dalam-pembangunan-bangsa_54f72a6ca33311b06d8b45c9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 1

Post Navigation